Cara Menghapus Virus yang Tidak Bisa Ditangani Antivirus


Ada cara ampuh untuk menghapus virus, jika berbagai antivirus yang kita gunakan sama sekali tidak berdaya untuk melawannya (mungkin hanya bisa mendeteksi, tetapi tidak bisa menghapusnya). Untuk melakukan ini diperlukan Bootable CD yang berisi minimal program File Manager, misalnya Ultimate Boot CD, BartPE, atau sejenisnya. Beberapa program ada yang berbasis DOS dan yang lain sudah berbasis windows. Bisa juga digunakan Linux Live CD, seperti Knoppix, UBuntu Live CD, atau yang lainnya. Secara umum, langkahnya sebagai berikut:
1.       Cari lokasi virus, terutama asal virus ini berjalan dikomputer (induknya).
2.       Setelah diperoleh, perhatikan (catat) keterangan seperti ukuran file, tanggalnya (walaupun virus bisa berubah-ubah ukuran dan tanggal, tetapi sebagian ukuran dan tanggalnya selalu sama. Bisa dicari file yang sejenis dan dicatat lokasinya).
3.       Setelah didapat, gunakan salah satu Bootable CD dan restart komputer agar booting dari CD (Anda mungkin perlu menyetting BIOSnya dulu agar Boot pertama kali CD/DVD-ROM).
4.       Buka program File Manager yang tersedia. Jika Anda menggunakan Windows NT, XP, atau diatasnya, pastikan program tersebut mendukung dan membaca format NTFS.
5.       Cari file/virus dan hapus atau jika masih ragu, di-rename saja dari *.exe menjadi *.vrs misalnya. Untuk menyakinkan, gunakan fasilitas search untuk mencari file dengan ukuran yang sama atau tanggal yang hapir sama. Jika ditemukan bisa di-rename.
6.       Restart komputer dan cek lagi


Thanks for read
Previous
Next Post »
Thanks for your comment